EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE INGUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KIMIA HIJAU DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE INGUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KIMIA HIJAU DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Roslian
Fitri
Yuli

Abstract

Process Oriented Guide Inguiry Learning (POGIL) merupakan model pembelajaran dalam kelompok sehingga siswa menjadi aktif, model pembelajaran ini menekankan keaktifan siswa melalui penyelidikan suatu masalah untuk membuktikan suatu kebenarannya berbantuan dengan inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pengunaan model Process Oriented Guide Inguiry Learning (POGIL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Desain penelitian menggunakan eksperimen (One Group Pretest-Posttest Design) dengan 36 siswa sebagai sample dan mereka di ambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dari 250 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model Process Oriented Guide Inguiry Learning (POGIL) adalah 8 kategori (sangat baik) dan (b) rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kimia hijau sebelum menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guide Inguiry Learning (POGIL) keterampilan berpikir kritis siswa adalah 2,90 kategori (kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guide Inguiry Learning (POGIL) keterampilan berpikir kritis siswa adalah 91,66 kategori (sangat baik). Selanjutnya, dengan menggunakan uji t-test dan N-Gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan (0,000 <0,05) dan g = 0,84. Ini berarti menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guide Inguiry Learning (POGIL) memiliki efektivitas yang tinggi pada keterampilan berpikir kritis siswa

Article Details

How to Cite
Lubis, R., Nasution, N. F., & Harahap, Y. Y. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE INGUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KIMIA HIJAU DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDE INGUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KIMIA HIJAU DI SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN . Journal of Integrated Chemistry Education , 1(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal-kimia.iptapsel.ac.id/index.php/lewis/article/view/5
Section
Articles

References

Devi, E., Kusuma, Emi, Sulistri., & Haris, Rosdianto. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guide Inguiry Learning (Pogil) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hukum Archimedes”. Jurnal Konstan, 4 (2), 78-88.

Herin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Process Orieted Guide Inguiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Lampung.

Lismaya, Lilis. (2019). Berpikir Kritis & PBL, (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Mu’min, A.A., Dasna, I, W., Suharti, S. (2020). Efektivitas Pogil pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda. 8 (29).

Samin. (2023). Berpikir Kritis, dengan Game Edukasi. Jatinangor: Mega Press Nusantara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tumanggor, M. (2021). Berpikir Kritis, (Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21). Ponorogo: Gracia Logis Kreatif.