PERMASALAHAN PENDIDIKAN MIPA DI MAN TAPANULI SELATAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN MIPA DI MAN TAPANULI SELATAN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah hal terpenting untuk dapat berkembang pesat.Negara yang hebat akan menempatkan Pendidikan sebagai prioritas untuk pertamanya.Karena dengan Pendidikan,kemiskinan pada suatu rakyat tersebut akan dapat tergantikan menjadi rakyat yang Sejahtera.Bagaimanapun,dalam perkembangan Pendidikan di Indonesia senanstiasa harus menghadapi beberapa masalah di setiap tahapannya.Masalah-masalah tersebut hanya bisa di selesaikan dengan partisipasi oleh pihak yang terkait di dalam sistem Pendidikan di Indonesia. Seperti orang tua dan guru memiliki tanggung jawab besar untuk mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai kepemimpinan,sehingga mereka mempunyai bekal untuk cukup menjadi cikal bakal pemimpin untuk Ketika mereka memasuki dunia formal.Orang tua harus bekerja sama dengan guru untuk membimbing ataupun mengarahkan anak-anaknya untuk lebih menerapkan nilai-nilai kepemimpinan yang baik melalui cara belajar yang lebih aktif dan kreatif
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Astri Novita Simalango dan Zainuddin Muchtar.(2008). Pengaruh Pemakaian Metode Praktikum erhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.
Muhammad Nurdan Muslimin. (2007). Hakikat Sains. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UNY.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif R &
D. Bandung: Alfabeta.
Prasetyo, Z. K., & Sudargo, F. (2020). Pengembangan
Literasi Saintifik Siswa SMP Melalui Model
Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan
IPA Indonesia, 9(3), 356–364.
Husna, S. (2024). Tantangan dalam Pendidikan MIPA
dan Solusinya untuk Pendidikan Inklusif. Polygon: Jurnal Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Alam
Yulipriyanto. (1995). Beberapa Permasalahan Kualitas Pendidikan MIPA dan Upaya Peningkatannya Menuju Literasi Sains dan Teknologi untuk Semua Orang. Jurnal Cakrawala Pendidikan,
Mariana, E., Wardany, K., & Asih, D. A. S. (2022).
Pengaruh Model Problem Based Learning
terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah
Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal
Pendidikan MIPA, 12(3).
Sari, D. P., & Supriyadi, S. (2020). "Analisis Minat
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran MIPA di
Sekolah Menengah Atas." Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1-10.
Hidayati, N., & Rahmawati, I. (2019). "Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share." Jurnal Pendidikan MIPA, 20(2), 123-130.
Pratiwi, D. (2021). "Kualitas Pembelajaran MIPA di Sekolah Menengah Atas: Tinjauan dari Perspektif Guru." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 45-56.
Sukardi, S. (2020). "Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran MIPA: Peluang dan Tantangan." Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(1), 67-75
Wahyu, A. (2018). "Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran MIPA." Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 6(1), 89-98.
Ainun, N. (2019). Problematika Pembelajaran MIPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Huda, S. (2020). “Analisis Permasalahan dan Solusi
Pembelajaran MIPA di Sekolah Menengah.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 7(2), 45–54. https://doi.org/10.21009/jpps.07205
Kemendikbudristek. (2021). Profil Pendidikan Indonesia 2020/2021. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan.