EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SOSA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SOSA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikit kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Sosa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purvosive sampling dari 90 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Berdasarkan perhitungan pada analisis deskriptif menggunakan bantuan software SPSS 22 diperoleh nilai rata-rata penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 100 (kategori sangat baik). Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah 27,47 (kategori gagal). Sedangkan sesudah pengginaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah 79,33 (kategori baik). Selanjutnya menggunakan Uji-t (SPSS 22) menunjukkan nilai efektivitas lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,005) atau t-hitung lebih besar dari t-tabel (72,977>2,048). Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap berpikir kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Sosa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Arikunto. 2010. Hipotesis. Skripsi, Univrsitas Islam Negeri Maulana MalikIbrahim, 15.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ansari, Bansu I. (2006). Strategi Pembelajaran Efektif, Banda Aceh: Bidang Matematika dan Sains.
Anwar, dkk. (2005). Strategi dan Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Desi Kurniawati, Desi. 2016. Penerapan Model PembelajaranInkuiriTerbimbing Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan KeterampilanProses Sains Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia Vol 5 No 1.
Husaini Usman, Husaini. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Johar, Rahmah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Unsyiah.
Kalsum, Ummi. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing UntukMeningkatkan Keterampilan Proses Sains. Skripsi Pendidikan Biologi.
Kurniawan, A.D. 2013. “Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMA”.
Lucky Anzani dan Ismono. 2020. Dengan judul penelitiannya “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir KritisSiswa pada Materi Asam Basa di MA Kanjeng Sepuh Sidayu”.
Nazir, Muhammad. (2005). Metode Penelitian, Bogor: Graha Indonesia
Rangkuti, F.2016. Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Raymond Chang .2005. Kimia Dasar. Erlangga
Rohmawati, Afifatu. (2015). "Efektivitas Pembelajaran".Jurnal Pendidikan Usia
Dini, 9(1): 16.
Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Diseolah Dasar. Jakarta:
PT Kharisma Putra Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta